Headlines News :
Home » » Puting Beliung Melanda Jember, 1 Orang Tewas & 391 Rumah Rusak

Puting Beliung Melanda Jember, 1 Orang Tewas & 391 Rumah Rusak

Written By Unknown on Sabtu, 30 Maret 2013 | 10.45

Jember - BRATA POS Angin puting beliung 'beraksi' di kawasan Jember Jatim. Seorang warga tewas dan ratusan rumah warga rusak.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (30/3/2013), angin puting beliung itu melanda Kec Kaliwates, Sumbersari, dan Patrang di Kab Jember Jatim, pada Jumat sore kemarin. Satu orang warga yang meninggal dunia atas nama Ika (25) warga Kelurahan Kebonsari Kecamatan Kaliwates. Dia tertimpa pohon tumbang dan bangunan rumah.

"Delapan orang luka-luka, di mana 6 orang luka ringan dan 2 orang luka sedang. Korban langsung dirujuk di Puskesmas dan sudah pulang ke rumah. Total 391 rumah rusak akibat terjangan puting beliung," ujar Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam pernyataanya.

Dari total 391 rumah tersebut, di Kecamatan Kaliwates, 27 rumah rusak ringan, 11 rumah rusak sedang, 8 rumah rusak berat. Di Kecamatan Patrang, 72 rumah rusak ringan, 103 rumah rusak sedang, dan 8 rumah rusak berat.

Sedangkan di Kecamatan Sumbersari, 138 rumah rusak ringan, 21 rumah rusak sedang, dan 3 rumah rusak berat. Dua mushola dan masjid di Kaliwates juga mengalami kerusakan ringan.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada. Terlebih saat ini memasuki musim peralihan dari penghujan ke kemarau yang sering ditandai dengan puting beliung dan hujan berintensitas tinggi dalam durasi pendek," kata Sutopo.

Menurtu Sutopo, Jember sudah beberapa kali diterjang puting beliung. Tahun 2012 puting beliung adalah jenis bencana paling banyak di Indonesia.

detiksurabaya
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Created by brata pos news Published by BRATA POS
Proudly powered by Blogger